Sarasechan(FGD) “Literasi Keagamaan di Masjid dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial Kemasyarakatan” akan dilaksanakan hari Senin, 25 Februari 2019

Masjid di Era Milenial: Arah baru Literasi Keagamaan

Feb 8, 2019 482 views

Masjid di Era Milenial: Arah baru Literasi Keagamaan

 

 

Kita tentu menaruh harapan agar masjid dapat mengoptimalkan perannya dalam membentuk karakter masyarakat. Harapan yang sama juga disuarakan oleh takmir masjid. Mereka umumnya menganggap masjid bukan sekadar tempat ibadah, tapi juga wahana ideal bagi pendidikan literasi keagamaan. Hanya saja pertanyaannya kemudian seperti apa dan bagaimana literasi keagamaan dipraktikkan di masjid? Beberapa studi menemukan bahwa literasi keagamaan di masjid berkisar pada masalah ibadah, aqidah, dan akhlaq. Tema-tema tersebut disampaikan secara normatif oleh para ustadz atau kiai melalui khutbah atau ceramah. Namun demikian, tidak banyak yang mendiskusikan tema-tema sosial-kemasyarakatan dari perspektif Islam, seperti pengembangan iptek, pembangunan etos kerja, peningkatan minat baca, pengembangan perdamaian dan resolusi konflik, dan sebagainya. Sementara hampir semua menerima konsep Islam rahmatan lil ‘alamin, tapi hanya sedikit yang mendiskusikan penerapannya di masjid.

 

Buku ini mengkaji praktik literasi keagamaan yang berlangsung di masjid, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana masjid menyikapinya. Buku ini juga merupakan ikhtiar untuk membuka wacana tentang kemungkinan membangun arah baru literasi keagamaan di masjid kita.

 

Tim Penulis: Abdul Wahid, Irfan Abubakar, Jajang Jahroni, M. Afthon Lubbi Nuriz, Rita Pranawati

Editor: Jajang Jahroni & Irfan Abubakar

Copyright CSRC UIN Jakarta 2019

 

Silahkan unduh filenya di sini

Download (6419.99 KB)

KOLOM DIREKTUR