Testing: Running Text - This is A Running Test Buku Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme kini sudah bisa didownload, silahkan cek menu Publikaso => Buku

Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme

Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme

30 Agu 2018 1.650 views

massifnya interaksi dan komunikasi digital antara warga telah menciptakan kesan dualisme antara dunia nyata dan dunia maya, sehingga sulit mengenali dengan baik batas-batas yang tegas antara wacana di dunia maya dan realitas sosial di dunia nyata. gejala kehidupan milenial yang kompleks ini melibatkan aktor sosial yang paling dominan yaitu kalangan muda yang bukan hanya melek teknologi, tapi alam pikirnya sulit dilepaskan dari ontologi dan epistimologi digital. mereka secara populer disebut anak muda zaman now.

Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan; Studi tentang Wakaf dalam Perspektif Keadilan Sosial di Indones

Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan; Studi tentang Wakaf dalam Perspektif Keadilan Sosial di Indones

15 Mei 2015 16.065 views

Buku hasil penelitian terhadap 500 lembaga wakaf di Indonesia ini mencoba mengidentifikasi berbagai persoalan perwakafan di tanah air. Berkembang selama ini sebuah asumsi bahwa wakaf yang dipraktikan di negeri ini belum banyak bergeser dari orientasi ritual keagamaan. Tanah-tanah wakaf yang ada merupakan persembahan untuk Tuhan, yang diabadikan dalam ribuan mesjid, mushalla, madrasah, pesantren, dan pemakaman. Amatlah kecil jumlah wakaf yang diperuntukkan bagi agenda sosial dan kemanusiaan.

Tinjauan Islam Terhadap Euthanasia

Tinjauan Islam Terhadap Euthanasia

15 Mei 2015 52.331 views

Bagi kita, umat Islam tidak mungkin lari dari realitas kehidupan modern yang tidak hanya membantu mempercepat akselerasi kemajuan dalam berbagai kehidupan, tetapi juga menyajikan segudang persoalan yang perlu dijawab, minimal direspns secara aktif. Misalnya, terhadap persoalan euthanasia.

Modul Kebebasan Beragama & Integrasi Sosial

Modul Kebebasan Beragama & Integrasi Sosial

15 Mei 2015 29.077 views

Berbagai local wisdom tersebut menginspirasi lahirnya modul ini. Karya ini sengaja menggunakan "integrasi social" sebagai persepktif karena ia mampu menggambarkan sebuah kondisi diimana suatu masyarakat bisa menyatu dalam sebuah keragaman. Kondisi itu memungkinkan karena integrasi social dimaknai sebagai suaru penerimaan secara suka rela terhadap setiap individu maupun kelompok yang berbeda untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat tanpa pandang bulu. Perspektif ini jelas bertolak belakang dengan konsep integrasi social ala Orde Baru yang dengan dalih harmoni social memaksa individu ataupun kelompok kecil melebur ke dalam kelompok arus besar.

Modul Resolusi Konflik Agama & Etnis di Indonesia

Modul Resolusi Konflik Agama & Etnis di Indonesia

15 Mei 2015 19.226 views

Modul yang ditangan pembaca ini adalah bahan pegangan bagi para fasilitator dalam kegiatan transfer pengetahuan dan keterampilan resolusi konflik yang bernuansakan agama dan etnik. Resolusi konflik disini mengandung arti serangkaian proses yang melibatkan tekad, pengetahuan, serta keterampilan, guna mencegah dan menyelesaikan konflik kekerasan yang terjadi. Proses ini juga melibatkan upaya untuk mendorong perubahan perilaku yang positif dari para aktor konflik, dan akhirnya menangani sebab-sebab konflik guna melangkah lebih maju kepada penciptaan suatu hubungan yang langgeng diantara kelompok-kelompok yang bermusuhan. Konflik agama dan etnik selalu merupakan konflik yang kompleks yang melibatkan multi faktor yang sesungguhnya berada diluar wilayah agama itu sendiri, seperti faktor ekonomi, sosial, politik, dan bahkan budaya dalam pengertian yang luas.

KOLOM DIREKTUR