Testing: Running Text - This is A Running Test Buku Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme kini sudah bisa didownload, silahkan cek menu Publikaso => Buku

Modul Kebebasan Beragama & Integrasi Sosial

Modul Kebebasan Beragama & Integrasi Sosial

May 15, 2015 29,125 views

Berbagai local wisdom tersebut menginspirasi lahirnya modul ini. Karya ini sengaja menggunakan "integrasi social" sebagai persepktif karena ia mampu menggambarkan sebuah kondisi diimana suatu masyarakat bisa menyatu dalam sebuah keragaman. Kondisi itu memungkinkan karena integrasi social dimaknai sebagai suaru penerimaan secara suka rela terhadap setiap individu maupun kelompok yang berbeda untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat tanpa pandang bulu. Perspektif ini jelas bertolak belakang dengan konsep integrasi social ala Orde Baru yang dengan dalih harmoni social memaksa individu ataupun kelompok kecil melebur ke dalam kelompok arus besar.

Transisi Politik & Konflik Kekerasan

Transisi Politik & Konflik Kekerasan

May 15, 2015 17,745 views

Buku ini memuat hasil riset tentang dinamik amasyarakat sipil meretas jalan perdamaian di Indonesia, Timor Timur, Filipina, serta Papua New Guinea. Penerbitan buku ini bertujuan menfasilitasi pertukaran informasi mengenai upaya-upaya resolusi konflik dan penciptaan perdamaian yang selama ini telah berlangsung di berbagai belahan dunia, termasuk di Asia Pasifik. Pertukaran informasi antar organisasi berguna untuk mendorong terjadinya kerjasama dan sinergi. Pada gilirannya dapat membuka peluang untuk pengembangan strategi-strategi dan pendekatan yang lebih efektif dalam pencegahan dan penanggulangan konflik dimasa depan. Tulisan-tulisan dalam buku ini secara umum berusaha memaparkan peran organisasi-organisasi masyarakat sipil dalam menanggulangi konflik kekerasan yang berlangsung selama periode transisi politik di empat negara tersebut. Para penulis tidak hanya memaparkan sumber-sumber penyebab konflik, dinamika konflik, inisiatif-inisiatif dan diplomasi yang ditempuh selama penanggulangan konflik, tapi juga menilai prospek dan atas dasar itu semua mengajukan rekomendasi bagi penyelesain konflik yang menyeluruh dan fundamental.

Masjid dan Pembangunan Perdamaian

Masjid dan Pembangunan Perdamaian

May 15, 2015 32,809 views

Buku ini mendiskusikan perubahan landskap masjid-masjid di wilayah paska dan potensial konflik, yaitu Ambon, Poso, Ternate, dan Jayapura. Ia terutama mengkaji penetrasi gerakan islam radikal yang kerap memanfaatkan situasi konflik sebagai arena perluasan pengaruh melalui masjid. Selain itu, karya ini juga memaparkan bagaimana masjid telah dan sedang memainkan peran dalam membangun perdamaian di lokasi wilayah yang sedang diamuk konflik komunal. Pendek kata, studi-studi yang direkam buku ini bertujuan untuk menggambarkan pergeseran-pergeseran yang terjadi pada masjid dalam upayanya merespon konflik, menyikapi penetrasi kelompok-kelompok radikal, serta menyahuti agenda-agenda pembangunan perdamaian.

Tanya Jawab Relasi Islam dan Hak Asasi Manusia

Aug 5, 2015 33,479 views

Hak asasi manusia (HAM), dalam artian seperangkat hak-hak dasar manusia yang telah diakui secara universal, masih menjadi wacana pinggiran di kalangan aktivis Islam, khususnya dunia pesantren. Di dalam kurikulum pesantren, topic HAM nyaris tidak ada, kalaupun ada bias dipastikan tenggelam dibawah tumpukan kitab-kitab fiqih, bahasa Arab, dan Aqidah.

Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan; Studi tentang Wakaf dalam Perspektif Keadilan Sosial di Indones

Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan; Studi tentang Wakaf dalam Perspektif Keadilan Sosial di Indones

May 15, 2015 16,116 views

Buku hasil penelitian terhadap 500 lembaga wakaf di Indonesia ini mencoba mengidentifikasi berbagai persoalan perwakafan di tanah air. Berkembang selama ini sebuah asumsi bahwa wakaf yang dipraktikan di negeri ini belum banyak bergeser dari orientasi ritual keagamaan. Tanah-tanah wakaf yang ada merupakan persembahan untuk Tuhan, yang diabadikan dalam ribuan mesjid, mushalla, madrasah, pesantren, dan pemakaman. Amatlah kecil jumlah wakaf yang diperuntukkan bagi agenda sosial dan kemanusiaan.

KOLOM DIREKTUR