Workshop Temuan Penelitian "Qualitative Research on Pesantren Resilience against Radicalism"

11 Sep 2019 5 views

Workshop Temuan Penelitian

Workshop Temuan Penelitian Qualitative Research on Pesantren Resilience Against Radicalism, 6-7 September 2019 berlokasi di Hotel Royal Padjajaran Bogor. 8 peneliti hadir mempresentasikan hasil penelitiannya di daerah yang mereka teliti, di antaranya:


1. Shohibul Izar (Asisten Peneliti Wilayah Aceh)
2. Rita Pranawati, MA (Peneliti Wilayah Banten)
3. Dr. Jejen Musfah (Peneliti Wilayah Jawa Barat)
4. Kamilia Hamidah, MA (Peneliti Wilayah Jawa Tengah)
5. Muchtadlirin (Peneliti Wilayah Jawa Timur)
6. Siti Tarawiyah, M.Pd.I (Peneliti Wilayah Kalimantan Selatan)
7. Ubed Abdillah Syarif, MA (Peneliti Wilayah Sulawesi Selatan)
8. Dr. Abdul Malik (Peneliti Wilayah Nusa Tenggara Barat)

Dalam mengawali penelitian ini CSRC UIN Jakarta telah mengadakan Workshop Disain Program pada 9-11 Juli 2019 dengan melibatkan semua peneliti 8 provinsi, manajemen program, PMU Convey, dan undangan relevan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan penyempurnaan Disain Operasional dan Instrumen Penelitian oleh manajemen program. Selanjutnya adalah masa identifikasi dan rekrutmen narasumber penelitian yang
dilakukan oleh peneliti dan asisten peneliti di 8 provinsi lokasi penelitian. Setelah itu adalah masa yang sangat penting, yakni pengumpulan data lapangan (wawancara mendalam, observasi, dan survei) yang dilakukan oleh peneliti dan asisten peneliti di 8 provinsi lokasi penelitian selama Minggu IV Juli – Minggu III Agustus 2019. Dan saat ini, semua peneliti masih dalam tahap transkripsi hasil wawancara mendalam serta koding dan kategorisasi data lapangan, dan analisa temuan penelitian.

Sebagai lanjutan dari serangkaian kegiatan penelitian di atas, maka dilaksanakanlah workshop temuan penelitian ini dengan tujuan untuk mendiskusikan secara mendalam hasil temuan lapangan yang penting, khusus, dan krusial di 8 provinsi, dan mendiskusikan struktur dan teknis/panduan penulisan laporan penelitian.

Banyak temuan menarik dari 8 wilayah ini mengenai ketahanan dan kerentanan pesantren yang nantinya akan dituliskan dalam laporan penelitian skala nasional. Laporan ini direncanakan akan selesai dalam waktu 1 bulan ke depan

KOLOM DIREKTUR