Semangat Kontra Ekstremisme di PBAK FIKES UIN Jakarta

28 Agu 2019 34 views

Semangat Kontra Ekstremisme di PBAK FIKES UIN Jakarta

Direktur CSRC UIN Jakarta, Idris Hemay, M.Si menjadi narasumber "Narasi Ekstremis dan Kontra Terorisme" dalam kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik Kampus) di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Idris menyampaikan bahwa tujuan materi ini disampaikan yaitu dalam rangka mendukung cita-cita UIN Jakarta yaitu mendorong tumbuh kembangnya moderasi beragama dan bertekad menjadi rumah moderasi beragama.

Idris juga menyebutkan nama tokoh-tokoh moderat yang lahir dan berasal dari UIN Jakarta, di antaranya: Prof. Dr. Harun Nasution, Prof. Dr. Nurkholish Madjid, Prof. Dr. Quraish Shihab, Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE, Prof. Dr. Komarudin Hidayat, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Prof. Dr. Amany Lubis dan lain-lain.

bahkan tokoh-tokoh tersebut telah mempromosikan moderatisme Islam di seluruh dunia sehingga UIN Jakarta diakui sebagai kiblat studi Islam.

Sebanyak 285 mahasiswa baru dari 3 program studi di FIKES ini dengan sangat antusias mengikuti materi sesi ini.

Bermacam-macam respon yang muncul dari para mahasiswa baru ini, ada yang menanyakan "apa sih tujuan para teroris ini melakukan bom gereja? Soalnya di internet kami tidak pernah menemukan jawaban yang jelas". Ada juga yang merespon "mengapa akhir-akhir ini wajah Islam di mata dunia begitu mengerikan? Bagaimana caranya agar kita bisa menunjukkan bahwa itu tidak benar, bahwa Islam itu sangat mencintai perdamaian".

Selain menyampaikan materi kontra terorisme dan tanya jawab, Idris juga memutar 3 video hasil produksi CSRC dalam kegiatan tersebut. 

KOLOM DIREKTUR