Musyawarah Pengurus CSRC UIN Jakarta Tahun 2019

26 Feb 2019 229 views

Musyawarah Pengurus CSRC UIN Jakarta Tahun 2019

Kabar bahagia datang dari hasil keputusan Musyawarah Pengurus CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. CSRC telah memilih direktur baru periode 2019-2022 yakni Idris Hemay, M.Si. Kegiatan ini berlangsung di ruang Meeting Hotel harris Sentul City pada hari Kamis-Sabtu (21-23/2).

Musyawarah Pengurus CSRC ini diawali dengan dialog bersama Prof. Azyumardi Azra pada Kamis pagi (21/2) pukul 08.00 – 10.00 WIB. Prof. Azra mengucapkan selamat kepada CSRC yang sejak 2006 bukan hanya sebagai pemintas, tapi juga melangkah maju di tengah gejolak perubahan pimpinan UIN, dan tidak semua lembaga yang dulu ada berhasil survive mungkin sebagian besar tinggal nama. Dengan berbagai macam kegiatan, bukan hanya sekedar bertahan tapi tetap melakukan terobosan penting bagi masyarakat publik,

“Saya ingat bulan puasa lalu ketika Idris mengundang saya memaparkan 7 perguruan tinggi terpapar radikalisme pertama kalinya saya dikutip luas, dan kemudian organisasi ekstra mulai bergerak kembali ke kampus menjadi kontra organisasi mahasiswa sayap kanan yang kita kenal LDK dan sebagainya”, Ungkap prof. Azra.

Prof. Azra juga menyesalkan tidak dapat menghadiri Musyawarah pengurus CSRC karena pada hari itu beliau harus segera berangkat ke Pontianak untuk beberapa urusan. Usai dialog dengan prof. Azra, team CSRC segera menuju Hotel Harris Sentul untuk segera membuka acara Musyawarah.

“Kita membahas berbagai hal dalam musyawarah pengurus, diantaranya Peran CSRC Dalam Lanskap Akademik dan Isu Sosial, Budaya, dan Keagamaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Amsal Bachtiar, Laporan Pertanggungjawaban Pengurus 2014-2018 oleh Irfan Abubakar, Laporan Pertanggung jawab Pengurus Keuangan  2014-2018 oleh Efrida Yasni Nasution (bendahara CSRC), Pembahasan Visi dan Misi CSRC, sidang ADART, dan lanjut pemilihan Direktur baru CSRC”, papar Junaidi Simun selaku ketua panitia Musyawarah Pengurus CSRC 2019.

Sistem pemilihan direktur ini dilakukakan secara musyawarah, mekanisme yang dilakukan adalah tiap pengurus aktif CSRC yang menjadi peserta musyawarah mengajukan nama untuk diajukan sebagai calon direktur. Para pengurus CSRC yang menghadiri Musyawarah ini diantaranya Irfan Abubakar,MA. (Direktur CSRC periode 2011-2018), Dr.Chaider S. Bamualim,MA. (Advisory Board CSRC), Idris Hemay, M.Si., Ahmad Gaus, Rita Pranawati, M.A., Junaidi Simun, Muchtadlirin, Sholehudin A. Aziz,MA., M. Nur Hidayat, Haula Sofiana, Lia Herliawati, Rheza Chintya, M. Afthon Lubbi Nuriz dan Didik Ahmadi.

Senada dengan Prof. Azra, Prof Amsal Bachtiar juga mengungkapkan apresiasinya terhadap CSRC.” Saya juga memberikan apresiasi kepada CSRC UIN Jakarta yang menjadi salah satu lembaga otonom yang bertahan hingga hari ini. Kita bisa lihat banyak lembaga-lembaga lain yang tidak bisa bertahan karena banyak faktor.Tantangan untuk CSRC kedepan adalah bagaimana tetap survive dan mampu menunjukan kemampuannya dalam bidang akademik/riset baik nasional atau global. CSRC memiliki kajian-kajian yang strategis sehingga hasil dari publikasinya akan banyak dirujuk oleh banyak orang maupun pemerintah” jelasnya.

Irfan Abubakar dalam keynote speechnya menyampaikan kepercayaan yang mendalam kepada regenerasi CSRC. “Saya sangat percaya dengan teman-teman yang masih muda, kami tidak meragukan kapasitas teman-teman. Mari kita optimis dan percaya bahwa CSRC akan semakin jaya”, ungkapnya

 

Di samping itu, Idris sebagai direktur baru menjelaskan “Saya akan mengembangkan apa yang baik di periode Pak Irfan dengan dukungan dan kerja sama dari teman-teman semua. Dan apa yang kurang baik mari kita perbaiki bersama-sama. Saya adalah orang yang mau dikritik dan diberikan masukan, jadi jangan sungkan-sungkan langsung berbicara dengan saya” terang idris.

“Dalam rangka memperbaiki team building CSRC kedepan kita akan bersama-sama menyusun struktur susunan pengurus CSRC. Mari kita kerja, kerja, dan kerja. Kedepan saya juga berusaha lebih terbuka dan transparan kepada teman-teman” lanjutnya.

Selamat kepada Idris Hemay, M.Si. atas Direktur CSRC UIN Syarif hidayatullah Jakarta periode 2019-2022, semoga amanah! [LH]

 

KOLOM DIREKTUR