Workshop Desain Program

Workshop Desain Program "Qualitative Research on Pesantren Resilience against Radicalism"

12 Jul 2019 84 views

Di era reformasi saat ini, khususnya dalam sepuluh tahun terakhir, Indonesia mengalami kecenderungan peningkatan radikalisme dan ekstrimisme bernuansa kekerasan, yang ditandai dengan terjadinya serangkaian aksi kekerasan di berbagai tempat dan penangkapan sejumlah terduga teroris. Selain itu, jumlah konflik kekerasan dan intoleransi bernuansa agama juga terus meningkat. Dengan lebih dari 200 kasus kekerasan berbasis agama setiap tahunnya, isu radikalisme dan ekstrimisme merupakan masalah serius bagi Indonesia.

CSRC Luncurkan Modul Digital Kontra Narasi Ekstremis

CSRC Luncurkan Modul Digital Kontra Narasi Ekstremis

4 Jul 2019 36 views

Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan Konrad-Adenauer-Stiftung (KAS)selenggarakan Peluncuran dan Diskusi “Modul Digital Kontra Narasi Ekstremis untuk Promosi Perdamaian dan Toleransi” yang disertai dengan diskusi dengan tema terkait. Acara ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengenalkan dan mendiseminasikan produk modul digital Kontra Narasi Ekstremis sebagai pengembangan dari Modul “Pesan Damai Pesantren: Modul Kontra Narasi”. Sejak 2017 modul ini telah diimplementasikan dalam training “Kontra Narasi Ekstremis: Suara Pesantren untuk Perdamaian dan Toleransi” bagi kalangan pesantren se-Jawa. Harapannya modul digital ini dapat memperkuat dan mempromosikan moderasi keagamaan, perdamaian, dan toleransi di Indonesia.

Sarasehan (FGD) Literasi Keagamaan di Masjid dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial Kemasyarakatan

Sarasehan (FGD) Literasi Keagamaan di Masjid dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial Kemasyarakatan

4 Mar 2019 210 views

Jika kita menilik pada sejarahnya, aktifitas di masjid tidak terbatas hanya untuk beribadah saja. Pada Zamah Rasulullah SAW sampai sekarang, masjid masih memegang problema keumatan dari berbagai dimensi. Peradaban muslim juga memiliki ketergantungan pada tempat peribadatan tersebut, dimana masjid menjadi sentral diskusi pemerintahan, strategi perang, musyawarah dan juga pendidikan.

Mosques losing sway over youth because of online sermons, study shows

Mosques losing sway over youth because of online sermons, study shows

12 Feb 2019 255 views

For centuries, mosques have served as places where Muslims deepen their knowledge of Islamic teachings. The influence of mosques, however, is waning as a result of social media-based preaching. A 2018 study by the Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) at Syarif Hidayatullah Islamic State University (UIN) Jakarta has revealed that young Muslims are losing interest in studying religion in mosques.

Musyawarah Pengurus CSRC UIN Jakarta Tahun 2019

Musyawarah Pengurus CSRC UIN Jakarta Tahun 2019

26 Feb 2019 230 views

Kabar bahagia datang dari hasil keputusan Musyawarah Pengurus CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. CSRC telah memilih direktur baru periode 2019-2022 yakni Idris Hemay, M.Si. Kegiatan ini berlangsung di ruang Meeting Hotel harris Sentul City pada hari Kamis-Sabtu (21-23/2).

KOLOM DIREKTUR