Testing: Running Text - This is A Running Test Buku Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme kini sudah bisa didownload, silahkan cek menu Publikaso => Buku

Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib Perdana di Palembang

25 Okt 2018 61 views

Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib Perdana di Palembang

Csrc.or.id - [23-25/10] Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan PMU CONVEY Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkomitmen untuk ikut membantu menciptakan tatanan kehidupan yang lebih damai, sejuk, toleran, dan anti kekerasan di negeri ini. Sebagai salah satu upaya merealisasikannya adalah dengan menjalankan sebuah program “Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam, dan Khatib”. Program ini merupakan upaya CSRC UIN Jakarta dan PMU CONVEY PPIM UIN Jakarta dalam rangka meningkatkan kontribusi dan peran penting takmir masjid, imam, dan khatib dalam upaya mendorong moderasi Islam di Indonesia melalui dakwah yang sejuk Islam rahmatan lil alamin, pro perdamaian, mengedepankan musyawarah, toleransi, dan anti kekerasan.

Para takmir masjid, imam, dan khatib yang akan terlibat dalam program pelatihan ini diharapkan dapat membantu mempromosikan persatuan dalam umat Islam, mencegah terjadinya kekerasan, memediasi konflik antara masyarakat dan kaum Muslim, dan selanjutnya, mempromosikan Islam sebagai agama yang meneduhkan dan mencerahkan bagi sekelilingnya. Pendekatan pelatihan akan bersifat interdisipliner dan antar budaya. Tujuannya adalah untuk memperkuat pengembangan kapasitas takmir, imam, dan khatib sebagai aktor yang dapat berperan dalam membantu penyebarluasan pengetahuan dan perspektif yang lebih moderat sambil menghubungkannya dengan setiap isu dan wacana kontemporer di lingkungan masjid dan sekitarnya, baik dalam konteks teologis, kebangsaan, maupun kewargaan. Termasuk juga memperkuat peran mereka sebagai pengelola masjid dalam mengembangkan atmosfer yang lebih positif, moderat dan bernuansa milenial.

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan Training of Trainers (ToT) yang dilaksanakan pada 9-11 Oktober 2018, saat ini CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Mitra Lokal di Palembang, yakni Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Raden Patah Palembang, sedang mempersiapkan dan akan melaksanakan Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam, dan Khatib. Pelatihan ini akan diselenggarakan pada hari Selasa-Kamis, 23-25 Oktober 2018. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan para takmir masjid, imam, dan khatib tentang literasi keagamaan yang sejuk, damai, moderat, toleran, anti kekerasan, dan bernuansa milenial, serta mampu membekali mereka dengan keterampilan penyampaian materi-materi tersebut dalam kegiatan dakwah yang dijalani. Kegiatan ini akan melibatkan 30 takmir masjid, imam, dan khatib di Palembang dan sekitarnya sebagai PESERTA AKTIF, dengan mempertimbangkan komposisi peserta 10 perempuan dan 20 laki-laki, berusia antara 25-35 tahun dengan tingkat pendidikan minimal Strata-1.

Tujuan pelatihan ini antara lain: Pertama, meningkatkan wawasan dan pengetahuan takmir masjid, imam, dan khatib tentang literasi keagamaan yang damai, moderat, toleran, anti kekerasan, dan bernuansa milenial. Kedua, melatih dan membekali keterampilan takmir masjid, imam, dan khatib tentang materi dan teknik-teknik fasilitasi literasi keagamaan dengan pendekatan partisipatoris. Ketiga, mendiskusikan isu aktual tentang literasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan di lingkungan masjid dan sekitarnya di setiap kota.

Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam, dan Khatib ini akan mengkombinasikan 3 metode sekaligus, yakni penyampaian materi oleh para trainer, diskusi kelompok antar peserta, dan paparan hasil diskusi kelompok. Penyampaian materi dimaksudkan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dari para trainer mengenai materi/tema dalam modul yang dilatihkan dalam pelatihan di Palembang serta skill dan metode pelatihan partisipatoris. Diskusi kelompok dimaksudkan untuk mendiskusikan isu sosial kemasyarakatan dan literasi keagamaan di lingkungan masjid dan sekitarnya, yang dilakukan antar peserta pelatihan. Diskusi kelompok akan dipandu oleh trainer yang bertindak sebagai fasilitator. Sementara paparan hasil diskusi kelompok dimaksudkan agar hasil diskusi setiap kelompok yang dipresentasikan mendapatkan input dan tanggapan dari kelompok lain.

Metode yang akan dipraktekkan dalam pelatihan ini adalah partisipatoris, dimana para trainer tidak hanya menyampaikan materi/tema kepada peserta pelatihan, tapi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk terlibat lebih aktif dalam proses pelatihan, terutama dalam proses penyampaian materi dan diskusi kelompok. Berikut beberapa materi/tema utama yang akan disampaikan dan didiskusikan selama pelatihan:

  1. Dakwah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin
  2. Islam: Dien As-Salam
  3. Prinsip Musyawarah dalam Demokrasi
  4. Mengamalkan Amar Makruf Nahi Munkar
  5. Strategi Dakwah Kaum Muda Muslim Milenial
  6. Menulis Khutbah Persuasif

Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam, dan Khatib di Palembang akan diselenggarakan pada Selasa-Kamis, 23-25 Oktober 2018 di Hotel Zuri Express dengan melibatkan Peserta 30 takmir masjid, imam, dan khatib dari Palembang dan sekitarnya.

Kami berharap, semoga seluruh kegiatan di atas dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh takmir dan stakeholder masjid di bumi Indonesia yang kita cintai ini. Untuk mengetahui lebih detail mengenai program ini dapat diakses di website: www.csrc.uinjkt.ac.id atau laman facebook: CSRC UIN Jakarta, Instagram: @csrcuinjkt dan twitter: @csrcofficial.

KOLOM DIREKTUR