Testing: Running Text - This is A Running Test Buku Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme kini sudah bisa didownload, silahkan cek menu Publikaso => Buku

Workshop Intervensi Program Pendidikan Berperspektif Perdamaian di Ambon

Workshop Intervensi Program Pendidikan Berperspektif Perdamaian di Ambon

16 Mei 2012 74.989 views

Beberapa tahun terakhir Ambon sekilas terlihat damai dan rukun, namun potensi konflik ternyata masih ada. Kerusuhan Ambon 11 September 2011 dan pawai obor Pattimura yang berakhir bentrok pada 15 Mei 2012 adalah bukti bahwa kepercayaan antar kelompok belum tumbuh sempurna di kalangan masyarakat. Meskipun telah ada Perjanjian Malino II pada 13 Februari 2002, namun trauma dan rasa saling tidak percaya akibat konflik 1999-2001 masih meninggalkan sisa.

Workshop Pengembangan Modul Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib

Workshop Pengembangan Modul Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib

24 Sep 2018 92 views

Saat ini kita dihadapkan pada masalah mudahnya penyebarluasan narasi keislaman yang mengandung pemahaman dan ideologi yang radikal dan ekstremis di kalangan masyarakat. Yang lebih mengkhawatirkan narasi ekstremis dan radikal ini paling banyak menyasar generasi muda muslim milenial. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya literatur keislaman yang mampu memberikan jawaban keagamaan atas berbagai masalah struktural dan sosial yang dihadapi oleh umat Muslim. Akibatnya mereka mencari jawaban terhadap berbagai masalah di atas dari sumber-sumber bacaan yang ditawarkan oleh media digital dan media sosial. Sayangnya, narasi keislaman yang dijumpai di media digital umumnya diwarnai oleh pemahaman dan ideologi keagamaan yang cenderung radikal dan ekstremis (Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2018; PPIM UIN Jakarta, 2017).

Training of Trainers  (TOT)  Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib

Training of Trainers (TOT) Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib

25 Okt 2018 87 views

Csrc.or.id - [9-11/10] Saat ini kita dihadapkan pada masalah mudahnya penyebarluasan narasi keislaman yang mengandung pemahaman dan ideologi yang radikal dan ekstremis di kalangan masyarakat. Yang lebih mengkhawatirkan narasi ekstremis dan radikal ini paling banyak menyasar generasi muda muslim milenial. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya literatur keislaman yang mampu memberikan jawaban keagamaan atas berbagai masalah struktural dan sosial yang dihadapi oleh umat Muslim. Akibatnya mereka mencari jawaban terhadap berbagai masalah di atas dari sumber-sumber bacaan yang ditawarkan oleh media digital dan media sosial. Sayangnya, narasi keislaman yang dijumpai di media digital umumnya diwarnai oleh pemahaman dan ideologi keagamaan yang cenderung radikal dan ekstremis (PPIM UIN Jakarta, 2017; Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2018).

Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib Perdana di Palembang

Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam dan Khatib Perdana di Palembang

25 Okt 2018 61 views

Csrc.or.id - [23-25/10] Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan PMU CONVEY Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkomitmen untuk ikut membantu menciptakan tatanan kehidupan yang lebih damai, sejuk, toleran, dan anti kekerasan di negeri ini. Sebagai salah satu upaya merealisasikannya adalah dengan menjalankan sebuah program “Pelatihan Literasi Keagamaan untuk Takmir Masjid, Imam, dan Khatib”. Program ini merupakan upaya CSRC UIN Jakarta dan PMU CONVEY PPIM UIN Jakarta dalam rangka meningkatkan kontribusi dan peran penting takmir masjid, imam, dan khatib dalam upaya mendorong moderasi Islam di Indonesia melalui dakwah yang sejuk Islam rahmatan lil alamin, pro perdamaian, mengedepankan musyawarah, toleransi, dan anti kekerasan.

KOLOM DIREKTUR