Buku Kaum Muda Muslim Milenial: Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme kini sudah bisa didownload, silahkan cek menu Publikaso => Buku

Islam: Antara Damai dan Perang*

17 Nov 2016 2.761 views

Banyak ayat al-Qur’an yang mengecam perangai sebagian manusia yang memutus tali persaudaraan (habl minannâs) dan menyandingkan dosa ini dengan dosa lain, yaitu melakukan kerusakan di muka bumi (fasâd fil ardh). Sebaliknya al-Qur’an sangat menganjurkan ishlâh, yaitu mendamaikan orang-orang yang bertikai. Kata ishlâh sendiri memiliki makna lain yang saling berdekatan, namun kesemuanya berkonotasi positif, yaitu petunjuk Allah, perbuatan yang baik, serta mempromosikan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Dengan demikian, tindakan mempromosikan perdamaian, mencegah dan mengatasi konflik merupakan amal shaleh yang diridhoi Allah.

Hate Speech dan Penanganannya oleh POLRI

16 Mei 2015 17.784 views

Dalam kedua kasus itu dan banyak kasus serupa lainnya, korban yang seharusnya dilindungi hak-hak dasarnya acap malah menjadi kambing hitam konflik yang terjadi lantaran dituduh menjadi penyebab kemarahan kelompok intoleran. Padahal, dan ini yang kurang diperhatikan, kekerasan massa itu tidak meledak dengan sendirinya, tapi karena tersulut oleh pernyataan atau ucapan tokoh agama yang menyebar kebencian terhadap kelompok lain karena perbedaan keyakinan. Dengan kata lain, kekerasan atas nama agama dimungkinkan terjadi karena maraknya aksi Hate Speech, yakni ucapan dan atau tulisan yang dibuat seseorang di muka umum untuk tujuan menyebar dan menyulut kebencian sebuah kelompok terhadap kelompok lain yang berbeda baik karena ras, agama, keyakinan, gender, etnisitas, kecacatan, dan orientasi seksual (Greenawalt, 1996).